Mengkaji Mitos Dalam Sebuah Karya Seni

Mitos & Pengalaman Estetis Dalam Lagu "Dance With My Father" oleh Luther Vandross


Masih dengan pembahasan mengenai Semiotika, kajian kali ini adalah mengenai mitos-mitos dalam sebuah lagu. Hubungan mitos dengan semiotika ada pada salah satu konsep penting dari tanda kata (linguistik) dan juga tanda gambar (non-linguistik) yang berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan yang lebih mendalam khususnya pada sebuah karya seni.


                                            (Foto Cover Music Video Dance With My Father)

Lagu "Dance With My Father" adalah salah satu lagu yang paling saya sukai. Mitos pada lagu ini adalah Figur seorang Ayah bagi anaknya.

Melalui lirik lagu yang dinyanyikan, lagu ini memiliki arti mendalam bagi penyanyi mengenai ayahnya yang meninggal karena diabetes disaat masih muda. Satu hal yang sangat diinginkan dari penyanyi melalui lagu ini adalah ia ingin merasakan kasih sayang ayahnya dan meminta hal yang tidak mungkin terjadi agar ayahnya bisa hidup kembali.

Pengalaman estetis yang saya rasakan sangat mirip dengan kondisi penyanyi. Ketika ayah saya pergi dari rumah saya untuk hidup dengan keluarga lain, hanya satu hal yang saya inginkan yaitu untuk ia kembali pulang kerumahnya, namun itu adalah satu hal yang tidak mungkin.

Namun dengan berjalannya waktu, saya dapat berdamai dengan keadaan dan hanya mengenang perasaan rindu saya dengan mendengarkan lagu ini.


Jadi cukup sekian untuk kajian hari ini, semoga kalian yang membaca boleh mengerti apa peran mitos dalam sebuah karya seni..

Comments

Popular Posts